Rabu, 06 Juni 2012

Letak Geografis Negara Cina


. Republik Rakyat Cina (RRC).
Bendera negara Cina
RRC merupakan Negara dengan jumlah penduduk nomor satu di bumi, karena luas wilayahnya yang sangat luas. RRC merupakan Republik Komunis yang beribukota di Beijing.
1.       Luas Wilayah : 9.600.000 KM2.
2.       Letak Astronomis : 18º LU-54º LU dan 73º BT-135º BT.
3.       Letak Geografis : Asia timur menghadap ke Samudera Pasifik.
4.       Batas-batas : Utara adalah Republik Rakyat Mongolia. Timur adalah L. Cina timur, dan L. Kuning. Selatan adalah Nepal, Bhutan, India, Myanmar, Laos, Vietnam. Barat adalah Pakistan dan Afganistan.
5.     Bentang alam : Bentang alam Cina dapat dibagi menjadi dua yaitu Cina utara yang wilayahnya relative datar dan tanahnya berdebu, dan Cina selatan yang reliefnya relative kasar dan banyak pegunungannya.
6.     Iklim : Sub Tropis, yang bagian pedalamannya dingin dan kering, tenggaranya lebih basah karena masih dipengaruhi oleh iklim laut.
7.     Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, Cina mempunyai penduduk sebesar 1.242.500.000 jiwa. Yaitu terbesar pertama di bumi. Pertumbuhan penduduk rata-rata setiap tahun 1,3%. Kepadatan penduduknya 125 jiwa per KM2. Suku bangsa mayoritas di Cina adalah Cina Han (94%), sisanya adalah suku Mongol, Turki, Korea, dan Manchu.
8.     Bentuk pemerintahaan : Republik Komunis. Kepala Negara adalah Ketua komite pengawas badan legislative. Kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Namun pelaksanaan kekuasaan Cina yang efektif, terletak pada para Pemimpin Partai Komunis.
Bahasa : Mandarin.
gambar peta negara Cina
10.     Agama : Mayoritas Kong Hu Chu, sisanya Tao, Budha, dan Islam.
11.     Kegiatan Ekonomi : Pertanian, Pertambangan, Industri, dan Perdagangan.
12.     Kebudayaan : Cina merupakan salah satu bangsa yang mempunyai kebudayaan tertua di bumi. Misalnya yaitu Tembok Besar Cina yang dibangun pada masa Dinasti Chin, yaitu pada tahun 210 masehi.
13.     Bentuk kerjasama Cina dengan Indonesia : Hubungan kerjasama Cina dengan Indonesia pernah terputus sejak peristiwa G30S PKI. Akan tetapi sejak tanggal 8 Agustus 1990 hubungan itu dibuka kembali. Hubungan dengan Indonesia meliputi:
d.        Bidang diplomatic. Kedua Negara saling menempatkan duta besarnya.
e.         Bidang perdagangan. Expor Cina meliputi: Mesin-mesin, barang elektronika, dan alat pertanian. Inpor Cina dari Indonesia antara lain: Kopi, semen, kayu, tembaga, dan timah
f.          Bidang Internasional. Ikut serta dalam Forum PBB.

2 komentar:

  1. Maaf, ini animasi orang di pojok kiri bawah ganggu tulisan yang mau dibaca (>.<)

    BalasHapus