Minggu, 03 Juni 2012

Letak Geografis Negara India

Bendera Negara India

INDIA
Selama kurang lebih 300 tahun India dijajah oleh Inggris. Lalu pada tanggal 15 Agustus 1947 India memperoleh kemerdekaannya yang pada saat itu India masih bersatu dengan Pakistan. Sekarang India yang mayoritas penduduknya beragama Hindu yang beribukota di New Delhi berpisah dengan Pakistan yang mayoritas penduduknya beragama Islam yang beribukota di Islamabad.

1.                    Luas wilayah : 3.316.500 KM2.
2.                    Letak astronomis : 8º LU-37º LU dan 68º BT-97º BT.
3.                    Letak geografis : Terletak di Asia selatan yang berupa semenanjung.
4.       Batas-batas : Utara adalah Nepal, Bhutan, dan Cina. Timur adalah Bangladesh, Myanmar, dan Teluk Benggala. Selatan adalah Sri Langka dan Samudera Hindia. Barat adalah Pakistan dan Laut Arab.
5.                    Bentang alam : Berdasarkan bentang alamnya dapat dibagi menjadi 3 yaitu;
a.       Daerah pegunungan Himalaya di utara. Di daerah ini terdiri dari pegunungan dan dataran tinggi;
Peta India
b.      Dataran rendah Gangga di Tengah. Di daerah ini adalah daerah yang subur, karena dilalui oleh  S. Gangga dan S. Bharma Putra. Sehingga menjadi daerah pertanian dan terpadat penduduknya;
c.       Semenanjung India di selatan. Umumnya berupa perbukitan dan pegunungan yang disebut Plato Dekka. Di sebelah barat dan timur terdapat Pegunungan Ghats barat dan timur.
Sungai-sungai besar India yang dapat di jadikan transportasi antara lain S. Gangga, S. Indush, dan S. Brahma Putra. Hutan yang ada di India adalah Hutan Tropis, Hutan Musim, dan sabana dan stepa.
6.       Iklim : Iklim Tropis dan Sub tropis yang dipengaruhi oleh angin Muson.
7.   Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, penduduk India sebesar 988.700.000 jiwa. Terbesar kedua setelah RRc. Pertumbuhan penduduk 2.0% per tahun. Kepadatan penduduk rata-rata 500 jiwa per KM2. India termasuk Ras Kaokasoid yang disebut orang Aria. Penduduk India terdiri dari bermacam-macam suku.
8.       Bentuk pemerintahaan : Republik. Dengan Kepala Negara presiden dan Prdana menteri sebagai kepala Pemerintahaan. India terdiri dari 27 negara bagian yang beribukota di New Delhi.
9.       Bahasa : Bahasa Indi dan Inggris.
10.   Agama : Mayoritas Hindu, sisanya adalah Islam, Kristen, dan Budha.
11.   Kegiatan ekonomi : Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Pertambangan, Perindustrian, Perhubungan, dan Perdagangan.
12.   Kebudayaan : India memiliki banyak peninggalan masa lampau misalnya Taj Mahal, Amritsar terkenal dengan kuil emasnya yang merupakan tempat suci yang terletak di Punjaab.
13.   Bentuk kerjasama India dengan Indonesia : Wujud kerjasamanya antara lain;
a.        Bidang politik. Kedua Negara saling menempatkan duta besarnya, menjadi pemprakarsa Konfrensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955, dan berdirinya organisasi Gerakan Non Blok.
b.       Bidang ekonomi. Indonesia menginport dari India berupa Bajaj, bus, karung goni, Kambing Ettawa, Induk sapi Anggole, dan bahan Textil. Sedangkan Indonesia mengexport barang-barang ke India berupa Karet, Kopi, Rempah-rempah, Pakaian jadi, Minyak kelapa, bumbu masak, dan batu bara.
c.        Bidang social. Pada saat perang kemerdekaan Indonesia, India mengirimkan bantuan obat-obatan dan bantuan medik ke Indonesia. Sedangkan pada tahun 1946 Indonesia mengirimkan tiga juta ton beras ke India untuk menghindari bahaya kelaparan.
d.       Bidang Kebudayaan. Saling tukar-menukar pelajar, pemuda, dan Mahasiswa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar